7 Tips Sederhana Merawat Karpet Jadi Tetap Bersih dan Tahan Lama

7 Tips Sederhana Merawat Karpet Jadi Tetap Bersih dan Tahan Lama

Merawat karpet menjadi sebuah keharusan bagi siapapun yang memiliki karpet dirumahnya. Perawatan ini penting dilakukan untuk membuatnya tetap bersih dan awet meskipun sudah digunakan dalam waktu yang cukup lama. Karena seperti yang kita ketahui, karpet bila digunakan namun tidak dirawat maka yang terjadi adalah banyaknya debu di berbagai bagian karpet. Selain itu, warna karpet juga menjadi cepat pudar serta timbul bau yang tidak diinginkan.

Padahal karpet sendiri keberadaannya begitu penting terutama untuk dekorasi rumah. Sehingga bagi pemilik rumah harus tahu cara sederhana bagaimana merawat karpet tetap bersih dan tahan lama seperti baru. Namun perlu diketahui, karpet sendiri memiliki jenis yang beragam yang dibedakan berdasarkan jenis bahan yang dibuat. Lepas daripada itu, apapun jenis bahan karpetnya untuk membuatnya tetap bersih diperlukan cara yang sama.

Baca juga : Tips Membuat Karpet Bebas Apek Dan Warna Tetap Terjaga

Kiat menjadikan Karpet Tetap Bersih Dan Awet

Untuk memudahkan Anda yang memiliki karpet dirumah, Anda yang ingin memiliki karpet yang tetap bersih dan sehat berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk merawatnya :

Posisi Menempatkan Karpet

Karpet adalah salah satu jenis barang yang paling mudah terkena debu dan kuman apalagi ketika sering diduduki dan diinjak. Untuk meminimalisir karpet yang terkena debu berebihan, sebaiknya hindari penempatan di area yang paling sering dijadikan sebagai tempat beraktivitas. Misalnya dekat dengan posisi rak sepatu, atau kamar mandi. Hal ini pastinya akan memudahkan debu-debu masuk ke dalam karpet. Jadi pastikan Anda memilih tempat yang tepat untuk penempatan karpet agar posisinya sesuai.

Jangan Menginjaknya Jika Kaki Kotor

Kegiatan menginjak karpet dapat membuatnya cepat kotor. Apalagi jika menggunakan alas kaki baik sandal maupun sepatu dapat membuatnya menjadi lebih kotor karena terdapat debu pada bagian alas kaki tersebut. Akan lebih baik bila terpaksa menginjaknya, pastikan mengecek kaki dalam kondisi yang bersih.

Pasang Keset

Untuk meminimalisir banyaknya kuman yang masuk ke dalam rumah, pastikan sediakan keset dan seringlah menggunakan keset tersebut. Cucilah secara rutin keset yang digunakan agar kuman dan debu tidak mengendap lama disana. Karena kuman dan debu dapat terbang terkena udara dan dapat hinggap di karpet.

Baca dulu : Cara Ampuh Hilangkan Kerak Pada Lantai

Bersihkan Noda Karpet Sesegera Mungkin

Sudah pasti karpet yang diletakkan di ruang tamu atau di ruang tv dijadikan sebagai alas untuk beraktivitas seperti makan dan minum. Makanan dan minuman bisa saja mengalami tumpah. Jika hal ini terjadi, pastikan Anda sesegera mungkin untuk membersihkan bagian karpet. Jangan menggosok karpet karena ini akan membuat noda justru semakin menyebar dan menyebabkan bahan menjadi rusak. Untuk membersihkannya agar aman, Anda bisa gunakan mesin uap khusus. Cara ini bisa membersihkan dengan cepat.

Lakukan Vakum Karpet

Untuk perawatan harian, Anda bisa lakukan pembersihan menggunakan vacuum cleaner setiap pagi dan malam hari.  Perawatan ini sangat simpel dan memudahkan bagi Anda untuk membuat karpet tetap bersih.

Cuci Karpet Secara Rutin

Biarpun sudah dibersihkan secara rutin menggunakan mesin uap, karpet pastinya juga tetap harus dibersihkan dengan cara dicuci. Pencucian bisa dilakukan 2 kali dalam setahun terutama saat musim panas. Karena karpet yang tidak kering dapat menimbulkan bau tidak sedap dan menjadi sarang bakteri dan kuman.

Itulah 6 cara yang bisa dilakukan untuk membuat karpet tetap bersih dan awet. Agar kebersihannya tetap terjaga, Anda bisa gunakan jasa kebersihan karpet untuk hasil lebih maksimal. Jasa cuci karpet pastinya tahu bagaimana teknik yang tepat untuk membuat karpet tetap bersih, awet dan tahan lama.

error: Content is protected !!